Tuesday, February 01, 2005

Disaster... Ngadepinnya?

2005 ini kayanya emang taun yang diawalin sama berbagai macam kejadian yang kurang mengenakkan yah. Musibah demi musibah dari yang skala dunia ampe skala personal dateng silih berganti. Gua sendiri juga ikut dapet jatah. Yah, emang sih, ga bisa dibandingin sama bencana maha dahsyat gempa tsunami Asia atau kecelakaan beruntun di tol Jagorawi, tapi yang namanya musibah, sekecil apapun tetep aja bikin empet dan ati ga enak. Trus yang lebih penting lagi tuh menurut gua, yaitu gimana kita nyikapin musibah itu kan ya? Musibah walau kecil kalau cara nyikapinnya ga bener bisa jadi bahaya juga dong. Ada loh katanya di koran, gara2 rebutan remote TV, anak orang minum Baygon. Makanya nih di sekarang gua mo sedikit nulis2 tentang gimana yah enaknya kita ngadepin musibah.

Rada ga sreg juga yah kayanya mengawali ajang nge-blog sambil nulis2 tentang musibah, biarlah tertuang, supaya ngga ngeganjel mungkin.

Buat contoh kasus, ambil aja yang gampang dan kayanya lazim buat orang muda katanya. Ngga usah yang berat2 deh, daripada ngga nyampe.

Jadi gini nih, kira2 dua mingguan yang lalu nih, ceritanya ada seorang Jejaka (bukan nama sebenarnya), diputusin sama mantan kekasih hatinya Putri (bukan nama sebenarnya juga). Si Jejaka devastated buanget, kaget gitu loh, hubungan yang udah dibina selama itu, tiba2 harus diakhiri begitu aja. Si Jejaka serasa kehilangan setengah dari jiwanya, bingung mo ngapain. Bisanya ada yang ditelpon, sekarang kalo mo nelpon paling2 jasa delivery makanan, itu juga kalo ada duit (seringanya ga ada duit, jadi ya ga nelpon sapa2). Biasanya jempol sampe kram keseringan sms, sekarang boro2 sms, ngupil aja ga ada napsu (dia suka ngupil pake jempol katanya, buset...). Tiap kali ngelewatin tempat2 yg dulu dipake beduaan, si Jejaka serasa pengen jedot2in palanya ke tembok (atau tiang listrik, whichever nearer). Apalagi berhari2 si Jejaka tiba2 terserang insomnia parah, padaal biasanya begitu nyentuh bantal langsung pules plus ngiler. Parahnya begitu bisa tidur, mimpinya ga jauh2 dari si Putri. Belom lagi kudu ngadepin fakta kalo si Putri ternyata udah dengan riangnya nyantol ama pria laen. Merana sekali si Jejaka ini... gimana dong ya ngadepinnya?

Well, ada yang bilang kalo orang normal kena musibah biasanya dia bakal melewati 4 fase secara berurutan, yaitu Denial, Anger, Frustation, terus terakhir Acceptance. Tapi bisa bahayanya kalo dia ngga tuntas ngelaluin semua fase itu ampe abis. Ngga cuma itu, bahaya juga kalo demen bolak-balik, dari fase 3 balik lagi ke fase 1 terus fase 2, terus serasa udah fase 4 eh besoknya balik lagi ke fase 3.

Nah si Jejaka dalam melalui fase2 itu tadi diadepin sama beberapa pilihan nih ...

Pilihan 1: Ngerusak Diri Sendiri
Si Jejaka udah bener2 down, egonya udah terluka parah, terinjak2. Dia mikir, hmmm, apa mendingan gua sekalian ngerusak diri gua yah. Biar liat tu si Putri, gara2 ulahnya gua jadi ancur, biar dia ngerasa bersalah, biar dia nyesel ninggalin gua! Tapi apa iya? (baca analisanya di postingan berikutnya)

Pilihan 2: Nerima Ikhlas Sambil Introspeksi Diri
Si Jejaka ngerasain sakitnya dikhianati dan ditinggalkan. Tapi dia bertanya, apa mungkin si Putri bakal ngelakuin semua ini tanpa sebab yang jelas? Trus si Jejaka mikir lagi, ternyata emang banyak kesalahan2 yg dia lakuin waktu masih jadian sama si Putri. Mungkin kalau dulu gua ngga ngelakuin kesalahan2 itu, si Putri masi sama gua sekarang. Mungkin ini pelajaran buat gua supaya gua ngga ngulangin lagi di masa depan. Gua harus introspeksi diri, mungkin kalau Putri ngeliat gua berubah, dia mau lagi balik sama gua. Kalaupun ngga, at least gua bisa ngehindarin kesalahan yang sama buat relationship gua ke depan. Tapi apa iya? (baca analisanya di postingan berikutnya)

Pilihan 3: Biasa Aja, Terus Nyari Cewe Lain
Si Jejaka sempet kaget juga sih, sakit juga. Tapi bentar aja, abis itu mendengus, cis, emang ga ada lagi cewe lain yang mau ama gua? Dengan santainya dia nyari cewe baru, begitu dapet katanya, gua bakal tunjukin nih ke si Putri kalo banyak yang mau ama gua, biar dia nyesel ninggalin gua. Tapi apa iya? (baca analisanya di postingan berikutnya)

Masi banyak sih pilihan lain, tapi 3 ini yang bener2 sempet menghantui dan membikin pusing si Jejaka (selain untuk mencegah postingan ini jadi kepanjangan dan bikin eneg yang baca). Nah, yang mana nih yang sebaiknya dilakuin sama si Jejaka dong?

12 Comments:

At February 1, 2005 at 6:52 PM, Anonymous Anonymous said...

wah.. gue turut berduka cita juga buat si jejaka... memang kalau musibah kena ke orang yang kita kenal biasanya kita lebih peduli (apalagi kalau pada diri sendiri). Nasehat gue buat si jejaka, dia perlu cepat cepat meneruskan hidupnya dengan semangat baru. Pada saat ini masih banyak musibah yang lebih berat yang dialami orang lain. Ada yang kena kanker, dan sudah dinyatakan dokter tidak bisa bertahan lama, ada yang keluarganya meninggal, dll. Kalau memang musibah, cara menghadapinya adalah dengan menerima dengan sabar. Tu Putri memang bukan si jejaka yang punya. Kalau pun bukan berpisah sekarang, nanti juga bakal berpisah. Bahkan di akhirat juga bakal nafsi-nafsi, gak bakal mau nolongin juga. Mendingan cari yang lain, dan jangan pacaran lama-lama. Pada umur tertentu, wanita kayaknya akan cenderung menerima lamaran yang lebih awal yang memenuhi syarat, meskipun sebenarnya ada oranglain yang disukai. Ada teman gue yang belum lulus kuliah, dan penghasilan gak jelas, yang diterima lamarannya.

 
At February 3, 2005 at 8:06 AM, Blogger CaTLio said...

Setuju gue ama komentar diatas. Salah satu contoh terbaik adalah step-up ur life into high-gear. Sibukkin diri loe. Kerjain semua yang selalu cuma loe cita-citain. Gak terlalu sakit. Mungkin loe gak sembuh. But in the end? At least you become a better person. Ya gak ya gak?

 
At February 4, 2005 at 12:50 AM, Anonymous Anonymous said...

menjawab catlio: I believe [or Im afraid?] jawabannya adalah enggak!

-simpatisan-

 
At February 4, 2005 at 3:49 AM, Blogger chicha said...

Dear Kak Dono yang baik :)
Hehehe... lucu juga yah Kak Dono mengawali ber nge blog ria nya... Biasanya kebanyakan orang berawal dgn sesuatu yg indah, ini malah yg sedih. Cuma it's ok! Still nice to read :P Uhmm... kalo dilihat dari mata seorang cewe cuma satu kalimat nih: "Go... kak Dono.. go!!!" Maksudnya: hehehe... kalo sang Jejaka msh sayang sama si Putri, maka sang Jejaka hrs berusaha sekuat tenaga dulu untuk mendapatkan si Putri. Usahanya yg halal yah tapi dan maksimal. Jadi biar nanti2 Jejakanya tdk menyesal dgn tdk memperjuangkan cintanya. Uhmm... sementara sekian dulu, ntar disambung lagi bersamaan dgn bersambungnya cerita si Jejaka :P Hehehe... "Hidup Kak Dono!" *Lhoo... apa coba??? Hihihi.....

 
At February 4, 2005 at 5:51 AM, Blogger Yandhie said...

Oiii, para anonymous, tulis dong namanyah :D

Catlio: Thanks, Mo. I'll try to live my life to the fullest!

Simpatisan: *timpuk pake cobek sambel bekas ngulek terasi busuk*

Oktariza: Ehehehe, thank Cha. Very encouraging indeed. Ngga semua yg berawal jelek berakhir jelek juga loh, kan yg menunjukkan kuatnya seseorang tuh kalo dia bisa bangun lagi kalo terjatuh. Waduh, udah diperjuangkan abis2an, dari ngga bodong, jadi bodong, trus ngga bodong lagi, jungkir balik ngga karuan. Tapi elu bener sih, at least jadi ngga penasaran lagi karna udah berusaha, jadi lebih ikhlas ngelepasinnya.

 
At July 26, 2006 at 12:35 AM, Anonymous Anonymous said...

Nice site!
[url=http://tluzimmr.com/vkmi/chjo.html]My homepage[/url] | [url=http://cqqdgaho.com/yuxh/ozhi.html]Cool site[/url]

 
At July 26, 2006 at 12:36 AM, Anonymous Anonymous said...

Good design!
My homepage | Please visit

 
At July 26, 2006 at 12:36 AM, Anonymous Anonymous said...

Well done!
http://tluzimmr.com/vkmi/chjo.html | http://sajpvnuc.com/ljci/dhop.html

 
At February 23, 2016 at 10:39 PM, Blogger ninest123 said...

ninest123 16.02
ray ban sunglasses, replica watches, tory burch outlet, nike air max, michael kors, tiffany and co, oakley sunglasses, michael kors outlet, nike air max, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, ugg boots, replica watches, uggs on sale, tiffany jewelry, oakley sunglasses, longchamp outlet, prada handbags, louboutin shoes, prada outlet, michael kors outlet, nike free, louboutin outlet, louis vuitton outlet, longchamp outlet, michael kors outlet, chanel handbags, ugg boots, ugg boots, burberry, oakley sunglasses, louis vuitton, burberry outlet online, ray ban sunglasses, michael kors outlet, ugg boots, nike outlet, polo ralph lauren outlet, ray ban sunglasses, louboutin, michael kors outlet, oakley sunglasses, cheap oakley sunglasses, louis vuitton, jordan shoes, longchamp, gucci outlet, christian louboutin outlet, louis vuitton outlet

 
At February 23, 2016 at 10:42 PM, Blogger ninest123 said...

ray ban pas cher, ralph lauren uk, michael kors, vans pas cher, oakley pas cher, true religion outlet, air force, nike free run uk, true religion jeans, nike air max, nike free, sac guess, converse pas cher, mulberry, coach outlet, nike roshe run, timberland, nike roshe, north face, tn pas cher, burberry, lacoste pas cher, coach purses, north face, michael kors, longchamp, hollister pas cher, new balance pas cher, ralph lauren pas cher, nike blazer, hermes, true religion jeans, air max, michael kors, longchamp pas cher, louboutin pas cher, nike air max, lululemon, abercrombie and fitch, vanessa bruno, air jordan pas cher, hogan, sac longchamp, michael kors, hollister, replica handbags, true religion jeans, nike huarache, ray ban uk, nike trainers, nike air max

 
At February 23, 2016 at 10:45 PM, Blogger ninest123 said...

iphone 6s plus cases, abercrombie and fitch, bottega veneta, north face outlet, ray ban, vans, valentino shoes, wedding dresses, nike air max, chi flat iron, timberland boots, mcm handbags, nfl jerseys, converse, celine handbags, ghd, giuseppe zanotti, hollister, s5 cases, nike roshe, north face outlet, vans shoes, nike air max, mont blanc, instyler, babyliss, iphone 5s cases, p90x workout, gucci, soccer jerseys, iphone 6s cases, oakley, ferragamo shoes, lululemon, iphone 6 cases, ralph lauren, beats by dre, birkin bag, louboutin, herve leger, iphone 6 plus cases, reebok shoes, baseball bats, new balance, hollister, soccer shoes, asics running shoes, iphone cases, ipad cases, mac cosmetics, jimmy choo shoes, insanity workout

 
At February 23, 2016 at 10:47 PM, Blogger ninest123 said...

links of london, louis vuitton, moncler, pandora charms, toms shoes, canada goose uk, louis vuitton, canada goose, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, converse outlet, sac louis vuitton pas cher, swarovski crystal, canada goose, canada goose, pandora jewelry, replica watches, moncler, hollister, barbour, ugg boots uk, karen millen, moncler, juicy couture outlet, moncler, marc jacobs, wedding dresses, doudoune canada goose, barbour jackets, doke gabbana outlet, moncler, canada goose, supra shoes, pandora charms, bottes ugg, louis vuitton, louis vuitton, thomas sabo, swarovski, moncler, moncler, juicy couture outlet, coach outlet, moncler outlet, canada goose outlet, montre pas cher, lancel, canada goose outlet, ugg pas cher, ugg,uggs,uggs canada
ninest123 16.02

 

Post a Comment

<< Home